Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

Arsitektur

Arsitektur
Curuk Lawe

UNNES'13

UNNES'13
Bandungan

Mind Map Berguna di Dunia Arsitektur

Kamis, 17 April 2014



    Mind-mapping ini metode yang berfungsi memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan kirinya secara simultan. Mind-mapping mulai diperkenalkan oleh Tony Buzan, ahli pengembangan potensi manusia asal Inggris, di tahun 1974. Penerapan mind-mapping sebenarnya sudah cukup banyak dipraktikkan. Beberapa di antaranya dalam cakupan kegiatan seperti : manajemen organisasi, pembelajaran, pengembangan diri, bahkan sampai ke bidang penulisan.
    Mind mapping itu bisa menjadi salah satu solusi apabila susah mendapatkan sebuah ide. Tema yang besar bisa kita tulis menjadi cabang cabang dari tema tersebut. Dan cabang-cabang tadi bisa mendapatkan banyak tema yang bisa kita eksplor ke sebuah tulisan. Dengan Mind Map, siswa diajak untuk mengkonstruksi pengetahuan secara kreatif, sesuai dengan apa yang dipahaminya masing-masing, bukan menjiplak pengetahuan secara membabi-buta.
    Membaca sebuah tulisan pada mind-mapping lebih menarik dan lebih cepat dicerna daripada membaca sebuah buku yang dimana isinya hanya sebuah tulisan tanpa ada hiasan yang menarik yang membuat munculnya ketertarikan membacanya. Disini saya sebagai seorang mahasiswa teknik arsitektur,  sebenarnya saya sendiri lebih suka lihat meeting yang penyampaian materinya digambar-gambar membentuk pola dan garis. Dari satu tema utama yang mau disampaikan sampai ke step-step/cabang-cabang untuk mewujudkan si tema utama tersebut. Lebih mudah dimengerti, dan jadi lebih mudah diingat, karena letak, warna dan kata-kata di dalamnya jadi lebih lama menempel di otak.
    Mind map sangat berguna bagi saya ketika membuat konsep sebuah perencanaan rumah tinggal yang akan didesain semenarik mungkin dengan tema tertentu. Dalam mendesain tidak hanya ide artistik saja yang diandalkan, tetapi juga konstruksinya harus benar. Jadi mendesain rumah tinggal tidak semudah membalikkan telapak tangan. 
                                           
 










Jadi, kalau freelancers lagi pada bingung mengatur diri dan organisasinya buat menyelesaikan proyekan yang semakin hari semakin dekat masa deadline, hey don’t worry be happy! Buat saja mind-mapping semacam road map apa saja yang diinginkan (tujuan) dan apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan si keinginan tersebut (cara). Dan proyek pun dapat berjalan dan selesai dengan optimal.








0 komentar:

Posting Komentar